June 26, 2020
Profil Cristiano Ronaldo Mega Bintang Portugal di Euro 2020

Profil Cristiano Ronaldo Mega Bintang Portugal di Euro 2020

Profil Cristiano Ronaldo Mega Bintang Portugal di Euro 2020 – Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau lebih dikenal Cristiano Ronaldo merupakan seorang pemain sepak bola Portugal. Ia dapat berposisi sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah.

Saat ini ia bermain untuk tim Italia, Juventus dan untuk tim nasional Portugal. Sebelum bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United. Pemain yang kerap bernomor punggung 7 di lapangan hijau ini juga akrab dengan sebutan CR7, gabungan dari inisial nama dan nomor punggungnya.

Segudang prestasi telah berhasil dia raih. Cristiano Ronaldo berhasil meraih gelar FIFA Ballon D’Or di bulan Januari 2015 lalu yang diadakan di markas FIFA Zurich, Swiss. Gelar FIFA Ballon D’Or ini merupakan penghargaan ketiga bagi Ronaldo, setelah sebelumnya pada tahun 2013 lalu dan 2008 ketika masih berseragam Manchester United.

Karier di Level Klub

Junior

Cristiano bergabung dengan Andorinha (1993—1995) sebeum akhirnya hengkang bersama Nacional (1995—1997), dan akhirnya berlabuh ke Sporting Lisboa (1997—2001) pada masa junior.

Sporting Lisboa

Cristiano pernah bermain untuk Sporting Lisboa bertahan 2 tahun saja pada 2001—2003 dengan nomor punggung 28. Ia bermain 25 kali dan mencetak 3 gol.

Manchester United

Sebelum ia bermain untuk klub itu, Sir Alex Ferguson bertanya pada Ronaldo angka berapa nomor punggung yang diharapkannya. Cristiano Ronaldo menjawab 28, karena itu adalah nomor favoritnya. Namun Sir Alex Ferguson malah berkata tidak, mulai sekarang nomor punggungnya adalah 7.

Di Manchester United, penyandang nomor punggung 7 secara turun temurun adalah pemain legendaris yang membawa Manchester United ke puncak kejayaannya, dan Sir Alex Ferguson memberikan nomor punggung keramat itu sebagai wujud penghargaannya kepada talenta brilian yang dimilikinya. Ia bermain 196 kali dan mencetak 84 gol.

Real Madrid

Pada 1 Juli 2009, ia hengkang ke Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,3 Triliun, yang menjadikannya sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola kala pada waktu itu. Ronaldo sudah bermain sebanyak 81 kali dan mencetak 87 gol untuk Real Madrid. Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga dalam 1 musim, sejumlah 40 gol.

Juventus

Setelah berkiprah di Liga Spanyol akhirnya Ronaldo melanjutkan petualangannya ke Italia dan berlabuh bersama Juventus pada 11 Juli 2018 dengan nilai transfer sebesar 112 juta Euro (99,2 Poundsterling), atau setara dengan Rp 1,88 Triliun.

Karir Bersama Timnas Portugal

Sejak dari remaja Ronaldo sudah bermain untuk tingkatan bersama Tim Nasional Portugal mulai dari U-17, U-20, U-21, dan U-23. Dirinya mulai dipanggil ke tim nasional Portugal sejak tahun 2003. Ia telah bermain setidaknya 118 kali untuk tim nasional senior, dan mencetak 52 gol.

Ia termasuk dalam skuat Portugal pada Piala Eropa 2004, Olimpiade Athena 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010,dan Piala Eropa 2012.

Pada tanggal 17 Oktober 2012, Ronaldo mencapai caps ke-100 untuk tim nasional Portugal di kualifikasi Piala Dunia melawan Irlandia Utara di Porto Estádio do Dragão. Ia menjadi pemain termuda ketiga Eropa yang pernah mencapai angka tersebut, setelah pemain Jerman Lukas Podolski dan pemain Estonia Kristen Viikmäe.

Ronaldo mencetak delapan gol selama kualifikasi Piala Dunia FIFA 2014 Portugal, terbanyak sepanjang masa setelah menyamai rekor penghitungan Pauleta ketika 47 gol internasional dikoleksi Pauleta. Pada ajang Final Piala Eropa 2016,Ronaldo gagal meneruskan perjuangannya saat bertarung melawan tuan rumah Prancis akibat cedera.

Performa Ronado di Kualifikasi Euro 2020

Pada Euro 2020 Cristiano Ronaldo begitu signifikan perannya bersama Timnas Portugal. Juara bertahan Portugal tercantum dalam daftar tim lolos ke putaran final Euro 2020. Hal ini terjadi setelah Selecao mengamankan posisi runner-up klasemen Grup B dalam Kualifikasi Piala Eropa pada Minggu (17/11/2019).

Kuncinya adalah kemenangan Cristiano Ronaldo dan kolega lawan Luksemburg. Selain itu Cristiano Ronaldo juga kembali mencatat rekor dengan mencetak gol internasional ke-99 untuk Portugal sekaligus mengunci tiket putaran final untuk sang juara bertahan, sedangkan Inggris dan Perancis menutup kualifikasi dengan kemenangan.

Sebelum matchday terakhir Kualifikasi Euro 2020, Portugal masih bersaing ketat dengan Serbia. Perbedaan kedua tim hanyalah satu angka. Namun, Serbia justru antiklimaks di pertandingan pamungkas.

Menghadapi Ukraina (17/11) di Stadion Rajko Mitic, Serbia hanya bisa bermain imbang 2-2. Laga itu sendiri berjalan tragis, karena Serbia sempat unggul 2-1 hingga menjelang ujung laga. Namun, pemain pengganti Artem Besedin membobol gawang tuan rumah yang dikawal Predrag Rajkovic pada injury time.

Hasil ini membuat Ukraina tidak terkalahkan di Grup B, mengoleksi 20 angka dalam 8 pertandingan. Sebaliknya, Serbia hanya memiliki 14 poin. Peluang lolos otomatis tertutup, karena Portugal menaklukkan Luksemburg 0-2 di Stade Josy Barthel.

Portugal punya tiga angka lebih banyak daripada Serbia. Cristiano Ronaldo, dengan tambahan satu gol kontra Luksemburg, total mengemas 11 gol sepanjang Kualifikasi Euro 2020. Dia hanya ada di bawah Harry Kane (Inggris) yang mengemas 12 gol dan sejajar dengan Eran Zahavi (Israel).

Perjalanan Timnas Portugal Sepanjang Babak Kualifikasi Piala Eropa 2020

Portugal saat ini menjadi tim unggulan di ajang Piala Eropa 2020. Sebab, Portugal mampu menyapu bersih kemenangan sepanjang babak kualifikasi di grup B.

Portugal bersama Ukrania menjadi tim yang produktif di Grup B. Tentunya catatan tersebut menunjukkan bahwa Portugal merupakan ingin mempertahankan gelar Piala Eropa 2020.

Portugal tercatat  kebobolan sebanyak enam kali sepanjang kualifikasi Piala Eropa 2020. Performa impresif tersebut tentu membuat Tim asuhan Fernando Santos menjadi tim unggulan di Piala Eropa 2020.

Catatan Cristiano Ronaldo Sepanjang Kualifikasi Euro 2020

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain yang selalu diandalkan oleh Fernando Santos di kualifikasi Piala Eropa 2020. Dia dianggap sebagai pemain kunci dan pemain penting bagi Portugal sepanjang babak kualifikasi.

Tentunya hal tersebut sangat layak disematkan kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya Cristiano Ronaldo adalah kapten dari Timnas Portugal saat ini. Tentunya tidak mengherankan jika perannya bersama Portugal terbilang sangat vital.

Sepanjang gelaran kualifikasi Piala Eropa, Cristiano Ronaldo telah membukukan delapan penampilan bersama timnas Portugal. Sabagai striker papan atas Cristiano Ronaldo sudah menjadi magnet kuat untuk Timnas Portugal selama beberapa tahun terakhir. Selama Euro 2020 Ronaldo sudah mencetak 11 gol selama ajang kualifikasi tersebut..

Berkat penampilan impresifnya tersebut Portugal mampu lolos sebagai runner up grup B. Mereka berhasil membukukan tujuh belas poin dari delapan penampilan. Dimana sepanjang babak kualifikasi Portugal meraih enam kemenangan tanpa dua imbang dan satu kekalahan.

Ketergantungan Portugal terhadap Cristiano Ronaldo memang tidak bisa dipungkiri lagi, pemain berusia 34 tahun tersebut hampir tidak pernah absen ketika Portugal bermain di level kompetisi apapun.

Pada Euro 2020 Ronaldo tetap menjadi tumpuan untuk Portugal dan siap mempertahankan gelar juara tersebut. Bisa saja Euro 2020 menjadi ajang terakhir untuk Cristiano Ronaldo berkiprah bersama Timnas Portugal

Usianya sudah tidak lagi muda namun performanya masih stabil ketika berada di lapangan, membuat pelatih Fernando Santos sangat percaya kepada sosok pemain tersebut. Ronaldo dipercaya ditunjuk kembali menjadi kapten Timnas Portugal pada Euro 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *